D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah upgrade Ubuntu 14.04 menjadi 16.04 secara OTA

Pada tanggal 20 April 2016, Ubuntu secara resmi merilis Ubuntu 16.04 LTS dengan kode Xenial Xerus. Dirilis sebagai versi LTS artinya baik versi Desktop maupun Server akan mendapatkan support upgrade dan lain-lain selama 5 tahun. Jika anda pada saat ini masih menggunakan Ubuntu 14.04, maka anda tidak harus meng-upgrade ke 16.04, karena Ubuntu 14.04 masih akan tetap disupport sampai dengan 2019.

Namun, jika anda penasaran dengan fitur-fitur baru di Ubuntu 16.04 seperti saya dan pengguna Ubuntu lainnya, maka berikut ini adalah sharing pengalaman saya dalam mengupgrade Ubuntu 14.04 menjadi 16.04. Sekali lagi ini adalah upgrade dan bukan clean install.

Backup data-data penting

Seperti biasa, tidak ada yang berani menjamin proses upgrade akan berjalan dengan lancar, oleh karena itu, siapapun sangat-sangat dianjurkan untuk membackup file-file penting terlebih dahulu. Memang pada kenyataannya, sangat-sangat jarang ada problem fatal yang mengakibatkan data hilang, akan tetapi sedia payung tetap lebih baik sebelum benar-benar terjadi hujan badai.

Siapkan koneksi internet yang stabil

Seperti yang tertulis pada judul artikel ini. Ini adalah pengalaman saya mengupgrade Ubuntu secara langsung atau online. Artinya tidak secara offline dengan menggunakan DVD atau sejenisnya. Oleh karena itu siapkan koneksi internet yang stabil dan tentunya quota yang banyak (kalau tidak salah proses download akan menghabiskan data sebesar kira-kira 1.5 GB).

Pastikan pasokan listrik memadai

Proses upgrade ini memerlukan proses yang panjang dan akan ada proses yang tidak boleh terputus sebelum selesai. Oleh karena itu, pastikan PC atau NB anda memiliki baterai dengan kapasitas memadai sehingga aman dari listrik mati.

Siapkan kopi atau kudapan

Proses download dan upgrade ini memerlukan waktu yang sangat lama. Pada pengalaman saya ini menghabiskan waktu kira-kira 2 jam. Untuk download-nya sendiri memang sangat cepat, sekitar 15-20 menit saja, tetapi proses upgradenya yang benar-benar lama. Ingat ini adalah upgrade, tentu wajar jika memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan clean install. Oleh karena itu jika perlu siapkan kopi, teh atau apapun untuk membunuh bosan.

Proses upgrade

Pertama kali, pastikan semua package up to date, jalankan perintah di bawah ini.

sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade

Setelah semua package sudah up to date, jalankan perintah di bawah ini untuk memunculkan update manager.

sudo update-manager -d

Maka akan muncul tampian seperti di bawah ini.



Tekan tombol Upgrade untuk memulai proses upgrade.



Tekan tombol Upgrade sekali lagi untuk memulai proses persiapan upgrade.



Pada salah satu proses persiapan upgrade, akan ada proses mematikan repository pihak ke-3. Hal ini wajar karena untuk menjamin package yang terinstall tidak terkontaminasi dengan package-package non-official. Tekan Close.



Setelah semua persiapan seleai, maka akan muncul konfirmasi terakhir untuk memulai proses upgrade. Tekan tombol Start Upgrade untuk memulai proses.



Maka proses download dan install akan dimulai. Silahkan tunggu dengan sabar sambil minum kopi atau teh yang sudah anda siapkan. Asal jangan ditinggal tidur, karena anda harus tetap memperhatikan jalannya proses upgrade karena ada kemungkinan ada proses atau error yang memerlukan konfirmasi.



Setelah waktu yang lama, proses upgrade akhirnya selesai. Untuk kasus yang saya alami, proses Upgrade ini selesai dengan beberapa error minor yang bisa diabaikan. Jadi boleh dibilang berjalan dengan lancar.



Restart PC atau NB anda. Maka jika semuanya berjalan dengan lancar, maka Ubuntu anda sudah terupgrade menjadi Ubuntu 16.04.



Untuk melihat versi Ubuntu yang terinstall, anda dapat menggunakan perintah di bawah ini.

more /etc/lsb-release 




Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan.

Setelah proses Upgrade berhasil, apa yang harus dilakukan selanjutnya ? Terserah anda. Yang pasti silahkan coba fitur-fitur baru yang tersedia di Ubuntu 16.04. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Snap application format
  2. Linux kernel 4.4
  3. LibreOffice 5.1
  4. PHP 7
  5. GNOME Calendar
  6. Apt 1.2
Dan tentu masih banyak lagi.

Sekian sharing kali ini, terimakasih dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments