D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah menginstall Node.js versi terbaru di Linux Ubuntu

Bagi anda programmer Web, saya rasa Node.js sudah tidak asing lagi. Boleh dibilang sudah  menjadi tool/library wajib terutama dalam mengembangkan webapp atau web front end. Nah, dari beberapa sharing pengalaman, salah satu problem klasik bagi pengguna Node.js di Linux adalah bagaimana menginstall atau mengupdate Node.js agar selalu mendapatkan versi terbaru.

Problem ini biasanya dialami oleh programmer yang menggunakan OS Ubuntu dan yang sejenis. Eits, jangan salah sangka dulu. Maksud saya bukan karena Ubuntu itu jelek atau sejenisnya. Maksud saya adalah, pengguna Ubuntu biasanya sudah terbiasa menggunakan package manager dalam menginstall aplikasi atau library. Nah masalahnya adalah, kebanyakan versi package aplikasi atau library di repositories jauh lebih rendah/lama jika dibandingkan dengan yang dari sumbernya.

Berikut ini adalah perbadingannya.  Jika anda menggunakan Ubuntu 14.04, maka paket Node.js yang disediakan adalah versi 0.10.25. Bandingkan dengan versi Node.js terbaru (pada saat tulisan ini saya tulis) yaitu 4.2.1. Jauh sekali bukan.

Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk menginstall/upgrade Node.js yang terbaru. Hmmm, sebenarnya ada beberapa cara, yaitu :
  1. Download binary dari nodejs.org, kemudian extract dan menempatkannya secara manual.
  2. Compile source code Node.js dari Github.
  3. Menginstall Node.js dari repository yang disediakan tim pengembang Node.js
Semuanya bisa anda lakukan dan hasilnya sama saja. Akan tetapi disini saya hanya akan menggunakan cara nomor 3, tentu saja karena lebih praktis dan cepat.

Menambahkan repositori Node.js

Tambahkan repository Node.js dengan menggunakan perintah "khusus" di bawah ini.

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup | sudo bash -


Perintah di atas akan melakukan analisa versi Ubuntu yang anda gunakan, kemudian mencoba menambahkan sourcelist Node.js yang sesuai, lalu mengupdate package. Tunggu semua proses selesai tanpa error.

Install Nodejs dan npm

Setelah perintah di atas berhasil tanpa ada error, maka sourcelist nodejs yang sesuai dengan versi OS anda telah berhasil di tambahkan dan di update. Sekarang saatnya anda install paket nodejs. 

sudo apt-get install nodejs

Perintah di akan menginstall nodejs sekaligus npm. Jadi setelah berhasil menginstall nodejs, anda tidak perlu install npm.


Setelah nodejs dan npm terinstall, ada baiknya anda buat simbolic link node ke nodejs. Hal ini memang sifatnya optional, akan tetapi disarankan karena ada aplikasi yang memanggil nodejs dengan node.

sudo ln -s /usr/bin/nodejs /usr/bin/node


Jalankan beberapa perintah di bawah ini untuk mengecek apakah nodejs dkk sudah berhasil terinstall dengan benar.
nstall/update Node.js versi terbaru di Linux Ubuntu


Jika hasilnya seperti gambar di atas, maka nodejs sudah terinstall dengan benar. Selanjutnya seperti aplikasi-aplikasi yang lain, anda tinggal melakukan sudo apt-get update secara periodik dan upgrade node js jika ada versi terbaru. Mudah dan tidak repot bukan.

Sekian tip dan trik kali ini. Selamat mencoba, semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Sumber : https://github.com/nodejs/node-v0.x-archive/wiki/Installing-Node.js-via-package-manager
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments